Berita Kaku alias Straight News

Karakteristik:

  1. Singkat
    Straight news memiliki bahasa yang singkat, padat, serta langsung membahas inti berita yang dibahas.
  2. Mudah Basi
    Sebuah straight news, berisi hal yang aktual (terkini). Maka dari itu, straight news akan cepat basi apabila tak segera diterbitkan
  3. Mudah dipahami
    Bahasa yang digunakan dalam straight news sifatnya sederhana dan mudah dipahami oleh masyarakat. Jika menjelaskan istilah asing, menjadi kewajiban penulis untuk menjelaskan dan membahasakannya dengan sederhana.

Straight news memiliki unsur pokok 5w +1h

Who / Siapa
Penulis berita harus memahami posisi narasumber, baik itu narasumber primer, sekunder, dan sekunder. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

When / Kapan
Dalam penulisan SN, harus dicantumkan jelas mengenai waktu peristiwa itu terjadi. Semisal: 28 September 2017, ditulis (28/9). Mengapa tahun tak dicantumkan? Karena sifat SN yang menuntut aktualitas peristiwa dan beritanya mudah basi, tak membutuhkan keterangan tahun.

Where / Tempat
Tempat terjadinya peristiwa ditulis lengkap.

Why / Mengapa
Dari sebuah peristiwa atau fenomena yang diliput, jurnalis harus mencari tahu motif atau alasan dibalik peristiwa tersebut. Unsur why ini bisa dicari lewat wawancara dengan narasumber yang punya relevansi dan kapasitas dalam menjelaskan suatu peristiwa.

What / Apa
Unsur ini lebih ditekankan mengenai penjelasan tentang sebuah peristiwa yang terjadi dan yang diliput.

How / Bagaimana
Untuk melengkapi penjelasan peristiwa, jurnalis harus memaparkan kronologi bagaimana peristiwa itu terjadi.

 

Struktur Berita Straight News


Lead / teras berita adalah bagian awal dari berita straight news. Karakteristik lead diantaranya; ditulis lengkap, padat dan jelas; disajikan dengna bahasa yang mudah dipahami; berisi fakta-fakta dalam sebuah peristiwa.

Lead merupakan ringkasan dari berita yang akan dibahas. Maka, dalam lead, berisi hal-hal pokok yang terdapat dalam unsur 5W+1H. Namun, tak semua unsur ini disajikan dalam alinea pertama, namun bisa juga disajikan dalam beberapa alinea awal.

Pada bagian tubuh berita, diisi dengan informasi pendukung 5W+1H, serta data-data tambahan yang relevan dengan berita yang dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *